Sunday, April 22, 2012

Sehari Bersama Kartini Cilik

WAJAH Naura Putri Ramadhani terlihat berseri dan tidak biasanya dia bergegas mandi dipagi buta itu, Jumat (20/4). Tak Lama kemudian, mamanya pun segera ditarik tuk mengantar ke salon dekat rumah. Sejak seminggu lalu dia memang sudah tak sabar menunggu hari itu tiba, sesekali dia mencoba baju tradisional warna merah yang menggantung dikamarnya. Bergaya ala artis idolanya Cherrybelle seakan tak ada bosan, pede abis! apalagi didepan adiknya, Hayrel. Yup, hari itu disekolah TK Negeri Pembina Bandung tempat Naura sekolah mengadakan fashion show untuk memperingati hari Kartini. Saat ditanya soal Kartini, Naura hanya menjawab "Ibu Kartini itu pahlawan wanita Indonesia, kata bu guru!" katanya.

Berlama-lama disalon, menambah kesabaran Naura semakin menipis. Terlihat dia ingin segera menyudahinya, ingin lekas menemui teman-temannya dan wajah ceriapun berubah muram. Wajar saja, jangankan dirias disalon, sekedar menyisir rambut dan pakai bedak tiap pagipun selalu ribut dulu dengan mamanya. Tak bosan ibu salon dan mamanya merayu supaya riasnya diselesaikan sampai beres. "Inikan ga tiap hari sayang, lagian katanya pengen jadi Kartini" ujar mama Naura berulang-ulang.

Memperingari hari Kartini, ada banyak cara untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita Indonesia tersebut. Seperti yang sering kita lihat, dari anak Playgrup sampai lembaga-lembaga pemerintah (PNS) dan swasta selalu mengenakan kebaya sebagai "kostum wajib" tiap tanggal 21-an dibulan april, termasuk disekolah Naura ini. Berharap sosok Kartini tidak hanya dikenal untuk diperingati hari lahirnya saja, namun bisa diteladani dan menjadi inspirasi. Smoga!










































No comments:

Post a Comment